Selasa, 22 Februari 2011

Perawatan (Maintenance)


Agar dinding tetap bersih, terus berkesan alami dan indah dipandang, jangan lupa untuk tetap merawatnya dengan cara:

1. Menyemprotkan air dengan selang air yang bertekanan cukup keras pada debu / kotoran di dinding. Mulai dari atas agar kotoran langsung jatuh kebawah. Jika tetap sulit dibersihkan, gunakan sikat / kuas untuk merontokkannya. Untuk kotoran yang melekat di celah-celah antar batu cukup menggunakan sabun cuci lalu bilas dengan air bersih. Untuk menghilangkan lumut diperlukan cairan pembersih (Clear Commander) dengan cara dikuaskan kemudian disikat sampai hilang lumutnya.
Untuk batu alam yang sudah pernah dikoting, maka pastikan bahwa dinding sudah bersih dari debu atau lumut. Biasanya untuk koting jenis water repellen (yang bersifat penetrasi) maka tidak akan nampak beda antara bagian yang sudah dikoting dengan yang tidak dikoting, tetapi untuk koting jenis slate  seal /melapis dan mengkilat (gloss) akan terlihat jelas dan apabila akan dikoting ulang, maka harus benar-benar terkelupas.

2. Setelah bersih, maka tunggu sampai permukaan benar-benar kering, biasanya dalam waktu 24 jam apabila tidak terkena hujan permukaan batu sudah bisa dikoting. Lakukan proses koting sebanyak tiga lapis. Untuk koting ini dapat dilakukan setahun sekali namun untuk pembersihan batu alam sebaiknya lebih kerap dilakukan yakni minimal tiga bulan sekali. 

Jenis koting yang direkomendasikan (biasa dipakai) antara lain : 
- Coating merk Koting, merupakan industri rumahan (home industri), sekalipun demikian koting ini mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan produk pabrikan. Tersedia dalam kemasan 2 liter dan galon (+5 liter).
- Clear Coat Glossy (Slate Seal/Melapis), merupakan produk pabrikan dengan kemasan kaleng ukuran 1 liter.
- Clear Coat Natural (Transparan Water Repellen/Meresap), dalam kemasan yang sama 1 liter.
- AM 52 (Gloss), produk pabrikan dengan rekomendasi dari Australia, kemasan 1 liter, 10 liter dan 20 liter.
- AM 102 (Natural) dalam kemasan yang sama 1 liter, 10 liter dan 20 liter.
Produk koting ini bisa ditemui di penjual obat anti lumut di daerah  Bintaro, di Jl. Deplu Raya antara pondok Pinang dan Jl. Veteran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar